SELAMAT HARI RAYA PASKAH 2016

Minggu, 26 Februari 2012

AKSI PUASA PEMBANGUNAN (APP) 2012 - PENGANTAR

Mewujudkan Hidup Sejahtera
PANGGILAN HIDUP DAN TANGGUNGJAWAB


Pengantar

      Tema APP 2012 adalah rangkaian tema besar (2012-2017) “Mewujudkan Hidup Sejahtera.” Tema ini kelanjutan tema 2007-2011 “Pemberdayaan Kesejatian Hidup.” Setelah selama 5 tahun kita diajak untuk “memberdayakan” hidup sejati dalam kehidupan masyarakat, komunitas, keluarga, saudara beda agama dan lingkungan hidup, maka 5 tahun mendatang kita diajak untuk merenungkan, merencanakan dan aksi nyata untuk mewujudkan bagaimana hidup sejahtera itu.

      Tema tahun 2012 “Panggilan Hidup dan Tanggungjawab” mengajak kita untuk melihat apa panggilan dan tanggungjawab dasariah kita sebagai orang beriman. Jawaban atas hal itu kita temukan dalam Kej 2:15 “mengusahakan dan memelihara” ciptaan Tuhan.


Hasil / sasaran yang ingin dicapai
  1. Tumbuh dan berkembangnya semangat persatuan diantara umat Katolik dalam kehidupan basisnya (KBG, Lingkungan) dan antar basis di dalam Gereja demi membangun kesejahteraan bersama.
  2. Meningkatnya semangat rela berbagi diantara umat (pribadi, kelompok) dengan diwujudkan dalam aksi nyata, sesuai dengan situasi dan potensi setempat.
  3. Tumbuhnya kesadaran untuk ikut dalam karya penciptaan (mengusahakan dan memeliharanya) baik secara pribadi maupun dalam kebersamaan.


Proses permenungan

      Permenungan tema dibantu dengan 3 kali pertemuan. Sejak awal umat diajak bukan hanya sekedar merenung dan membangun niat saja, namun bisa merencanakan dan ada aksi nyata secara bersama yang bisa diwujudkan.

      Aksi nyata bukan hanya dalam bentuk olah rohani saja namun ada wujud nyata yang berdampak bagi kesejateraan bersama, baik dalam kelompok lingkungan maupun dengan masyarakat sekitar.

      Aksi nyata itu hendaknya disertai dengan evaluasi: melihat makna dan manfaat yang diperoleh, apa yang masih perlu ditingkatkan. Dan akhirnya aksi nyata itu dilaporkan untuk evaluasi kehidupan kita sebagai umat beriman di paroki ini.

      Sebelum masuk ke tema APP atau selama APP berlangsung masing-masing lingkungan diajak untuk melihat, mengevaluasi kehidupan lingkungannya. Evaluasi atau penyadaran itu dapat dibantu dengan panduan pertanyaan berikut:
  1. Apakah manfaat adanya lingkungan bagi Anda?
  2. Bagaimana kegiatan-kegiatan lingkungan Anda selama ini? Apakah Anda terlibat di dalamnya?
  3. Apakah kelebihan (nilai plus) dan potensi yang ada di lingkungan kita?
  4. Apa saja yang perlu diperbaiki, ditingkatkan, diadakan dalam lingkungan kita?
  5. Bagaimana wujudnyata persaudaraan dan persatuan lingkungan Anda? Sungguhkan anggota lingkungan hidup sebagai saudara satu sama lain?
  6. Bagaimana lingkungan Anda di mata masyarakat sekitar selama ini? Apa manfaat yang mereka peroleh?

      Sebagai langkah awal “kebangkitan” lingkungan sangat disarankan agar ada pertemuan khusus pada awal APP untuk membahas hal-hal di atas. Bisa diawali dengan Jalan Salib bersama, lalu evaluasi dan merencanakan apa yang akan dibuat selama masa prapaskah ini:
  1. Berapa kali jalan salib akan dilakukan?
  2. Di rumah siapa pertemuan-pertemuan berikutnya?
  3. Apa wujudnyata pertobatan kita tahun ini? (rekoleksi, jimpitan, gotong royong, dll.)
--- Selamat ber-APP ---


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.