SELAMAT HARI RAYA PASKAH 2016

Minggu, 26 Februari 2012

PERTEMUAN I - APP 2012


“Panggilan Hidup
Mewujudkan Kesejahteraan Bersama”


Tema Pertemuan:
Tema pertemuan pertama ini adalah “Panggilan Hidup Mewujudkan Kesejahteraan Bersama”. Kitab Kejadian bab satu menggambarkan betapa Allah mengharapkan keberadaan manusia sebagai citra-Nya mampu melakukan kehendak-Nya. Kej 2:15 memperjelas maksud Kitab Suci akan panggilan hidup kita, yakni : “….. Tuhan Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu”.

Inti pertemuan:
Allah mengundang kita untuk menjaga, memelihara, mengolah, dan mengembangkan alam semesta untuk kesejahteraan umat manusia. Upaya perjuangan hidup sejahtera merupakan panggilan dan tanggung jawab setiap orang pada umumnya dan secara khusus umat beriman Katolik. 


Tujuan yang ingin dicapai:
Melalui pembahasan tema dalam pertemuan ini diharapkan agar umat beriman Katolik sadar bahwa persatuan dirinya dengan Tuhan dan sesama serta seluruh ciptaan-Nya merupakan panggilan hidup dan tanggungjawab sebagai mitra kerja Allah dalam menciptakan dan memperjuangkan hidup ini.
Selain itu perlu ditumbuhkan kesadaran bahwa tumbuh dan berkembangnya semangat persatuan antar umat Katolik dalam kelompok basis atau lingkungan dan antar wilayah di dalam paroki setempat demi perwujudan kesejahteraan bersama.

Alur pertemuan:
Menyadari situasi nyata. Melihat kenyataan dan menya-darinya terhadap lingkungan hidup nyata sangat penting bagi merenungkan iman kita. Maka pertemuan ini diawali dengan melihat situasi dibantu dengan gambar atau VCD dari Komkat yang menunjukkan situasi prihatin yang dialami sesama di sekitar kita.

Refleksi.
Apa yang dilihat bersama baik dalam gambar dan ung-kapan para peserta, tentu harus direnungkan apa yang menjadi tugas kita umat beriman terhadap keprihatinan tersebut. Kita tidak cukup tinggal diam, namun bersekutu sesama seiman dan antar agama untuk peduli de-ngan keprihatinan itu. Maka perlu merefleksikan makna kehadiran kita bersama dengan orang lain.

Merenungkan sabda Tuhan (Kej 2:7-8,15)
Puncak refleksi kita harus sampai pada pesan Kitab Suci agar apa yang kita jalani selanjutnya merupakan buah iman yang bersumber pada Sabda Tuhan.

Bertobat. 

Bertobat adalah perwujudan dari salah satu semangat masa APP. Maka panggilan kita akan utuh jika kita sampai pada pertobatan dan bersemangat membarui diri demi kesejahteraan bersama.

"Allah mengundang kita untuk berpartisipasi, bekerja, memelihara, melanjutkan dan menyempurnakan karya / ciptaan-Nya. Karya manusia adalah suci karena manusia adalah gambaran hidup Allah yang mahasuci. Upaya perjuangan hidup sejahtera merupakan panggilan dan tanggungjawab setiap orang pada umumnya dan secara khusus umat Katolik, atau kita semua. Karya Allah belum selesai dan mengundang kita untuk berpartisipasi di dalamnya. Inilah panggilan kristiani kita." ****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.