SELAMAT HARI RAYA PASKAH 2016

Rabu, 15 Mei 2013

KUMPULAN DOA-2

<!--[if gte mso 9]> ismail - [2010] Normal ismail - [2010] 2 80 2013-05-16T01:50:00Z 2013-05-16T01:50:00Z 11 3012 17170 home 143 40 20142 14.00 <![endif] -->
DOA PRIBADI / KELOMPOK

DOA SEBELUM KOMUNI                 PS 210
Ya Allah, bagaikan rusa merindukan sungai, demikianlah hatiku rindu pada-Mu. Hatiku haus akan Dikau, Allah yang hidup.
Tuhan Yesus Kristus, seperti kerinduan pemazmur akan Allah yang hidup, demikianlah hatiku rindu akan Tubuh dan Darah-Mu, akan Dikau sendiri. Maka sudilah Engkau datang, dan berse-mayamlah di dalam hatiku. Jadikanlah aku kemah kediaman-Mu sendiri.
Tuhan, sucikanlah hatiku, agar pantas menyambut-Mu. Semoga keha-diran-Mu membe-rikan kekuatan untuk mengamalkan amanat kasih-Mu. Sebab Engkaulah Tuhan kami, kini dan sepanjang masa. Amin.

DOA SEBELUM KOMUNI (St. Thomas Aquinas)
Tuhan yang Mahabesar dan kekal, aku menghadap sakramen Putera Tunggal-Mu, Tuhan kami Yesus Kristus. Aku datang sebagai orang yang sakit kepada Sang Tabib Kehidupan, sebagai orang yang berdosa ke hadapan mata air belas kasih, sebagai orang buta ke hadapan Terang yang kekal, sebagai orang miskin dan papa kepada Tuhan langit dan bumi.
Karena itu, aku memohon kelimpahan rahmat-Mu yang tak terbatas agar Engkau berkenan memulihkan penyakitku, mencuci noda dosaku, menerangi kebutaanku, memperkaya kemis-kinanku, sehingga aku dapat menerima Roti para malaikat, Raja dari segala raja, dengan segala penghormatan dan kerendahan hati, dengan kasih yang besar, dengan kemurnian dan iman, dengan tujuan dan maksud yang dapat berguna bagi keselamatan jiwaku.
Berikankah kepadaku, kumohon, rahmat untuk menerima tidak saja sakramen Tubuh dan Darah Tuhan kami, tetapi juga rahmat dan kuasa dari sakramen ini.
O, Tuhan yang Maha Pemurah, dengan menerima Tubuh Putera-Mu yang Tunggal, Tuhan kami Yesus Kristus yang dilahirkan oleh Perawan Maria, karuniakanlah kepadaku rahmat untuk boleh digabungkan dengan Tubuh Mistik-Nya dan terhitung sebagai anggota-anggota Tubuh-Nya. 
O Tuhan yang Maha Pengasih, berikanlah kepadaku rahmat untuk memandang wajah sesungguhnya dari Putera-Mu terkasih selamanya di surga, yang kini akan kuterima dalam rupa yang terselubung. Amin.

DOA SESUDAH KOMUNI
Tuhan Yesus Kristus, selamat datang di hatiku. Kini Engkau sungguh tinggal dalam aku dan aku tinggal dalam Dikau, seperti sabda-Mu sendiri: Yang makan tubuh-Ku tinggal dalam Aku dan Aku dalam dia.
Tuhan, Engkaulah roti hidup yang turun dari surga. Aku percaya akan sabda-Mu: Jikalau seseorang makan dari roti ini, dia akan hidup selama-lamanya.
Tuhan, karena Tubuh-Mu adalah satu, sudilah Engkau mempersatukan semua yang menyambut Tubuh dan Darah-Mu, agar mereka semua sungguh bersatu dan mewujudkan diri sebagai Tubuh-Mu sendiri, yakni jemaat. Semoga mereka semua bersatu seperti yang Engkau dambakan, yakni seperti Engkau sendiri bersatu dengan Bapa.
Tuhan, lewat Tubuh-Mu ini berilah aku semangat persaudaraan yang sejati, sehingga dalam hidup sehari-hari aku semua selalu berjuang untuk membangun jemaat-Mu menjadi Tubuh-Mu yang hidup, yang bersatu padu dalam semangat kasih. Amin.

DOA SESUDAH KOMUNI (St. Thomas Aquinas)
Aku berterima kasih kepada-Mu, Bapa yang kekal, karena oleh belas kasihan-Mu yang murni Engkau telah berkenan memberi makan jiwaku dengan Tubuh dan Darah Putera Tunggal-Mu, Tuhan kami Yesus Kristus.
Kumohon kepada-Mu agar komuni kudus ini tidak menjadi kutukan bagiku, tetapi menjadi penghapusan yang berdayaguna untuk semua dosaku. Semoga Komuni ini menguatkan imanku, membangkitkan di dalamku semua yang baik, membebaskan aku dari kebiasaan-kebiasaan buruk, menghapuskan semua kecondongan terhadap dosa, menyempurnakan aku di dalam kasih, kesabaran, kerendahan hati, baik yang kelihatan dan tak kelihatan, menjadikanku bersahaja dalam segala hal, mempersatukanku dengan-Mu dengan erat, Sang Kebaikan sejati, dan tempatkanlah aku dalam kebahagiaan yang tak dapat berubah.
Kini aku memohon dengan sungguh agar suatu hari nanti Engkau akan menerima aku, meskipun aku orang berdosa dan tidak layak, untuk menjadi seorang tamu pada Perjamuan Ilahi di mana Engkau, dengan Putera-Mu dan Roh Kudus, adalah Terang Ilahi, kesempurnaan kekal, suka-cita yang tak berkesudahan dan kebahagiaan sempurna dari semua orang Kudus, melalui Kristus Tuhan kami. Amin.

JIWA KRISTUS              (St. Ignatius Loyola)
Jiwa Kristus                                 kuduskanlah kami.
Tubuh Kristus                              selamatkanlah kami.
Darah Kristus                               sucikanlah kami.
Air lambung Kristus                     basuhlah kami.
Sengsara Kristus                          kuatkanlah kami.
Yesus yang murah hati                luluskanlah doa kami.
Dalam luka-luka-Mu                    sembunyikanlah kami.
Jangan kami dipisahkan              daripada-Mu, Tuhan.
Terhadap seteru yang curang       lindungilah kami.
Di waktu ajal                                terimalah kami,
supaya bersama para kudus        kami memuji Engkau untuk selama-lamanya. Amin.

DOA UNTUK ORANGTUA-1             (PS 161)
Ya Allah, Bapa yang penuh kasih sayang, kami bersyukur kepada-Mu atas orangtua kami. Lewat mereka Engkau telah menciptakan kami. Melalui kasih sayang mereka, Engkau menyayangi kami. Mereka mendidik, mendampingi, dan menuntun kami. Mereka membesarkan kami dan menjadi sahabat kami.
Berkatilah mereka senantiasa. Berilah mereka kesabaran. Terangilah akal budi mereka supaya mereka selalu bertindak bijaksana. Berilah mereka kesehatan agar tetap mampu menja-lankan tugas mereka sebagai pembina keluarga. Berilah rezeki secukupnya untuk kami semua; dan hindarkanlah orangtua kami dari marabahaya. Sempurnakanlah kasih mereka satu sama lain, sehingga mereka dapat menjaga kelestarian perkawinan, dan tetap setia pada janji perkawinan mereka.
Semoga mereka dapat menjalankan tugas dengan baik bagi gereja, masyarakat, dan keluarga. Buatlah keluarga kami menjadi Gereja kecil yang selalu mengasihi-Mu dan mengasihi Yesus, Putra-Mu.
Kami mohon pula berkat-Mu untuk semua orangtua, yang dengan rela dan penuh tanggung jawab telah menjalankan tugas selaku orangtua atas anak-anak mereka. Semoga pengor-banan mereka tidak sia-sia. Bila mereka menghadapi kesulitan dan tantangan, sudilah Engkau menunjukan jalan keluar yang diperlukan. Jangan biarkan mereka merana karena kegetiran hidup.
Kami berdoa pula bagi para orangtua yang sering dilupakan oleh anak-anak mereka. Sudilah Engkau menghibur dan mengu-atkan hati mereka. Teristimewa kami berdoa bagi para orangtua yang merasa gagal dalam membangun keluarga dan mendidik anak-anak. Semoga kepedihan ini tidak membuat mereka putus asa, tetapi semakin menyadarkan mereka untuk senantiasa bersandar pada-Mu.
Bapa, semua permohonan ini kami hunjukan kepada-Mu demi Yesus Kristus Putra-Mu, yang menjadi teladan kami dalam meng-hormati dan mengasihi orangtua. Dialah pengantara kami untuk selama-lamanya. Amin.

DOA UNTUK ORANGTUA-2  
Bapa di surga, aku bergembira karena Engkau memberi ayah dan ibu yang baik serta sayang padaku. Mereka membesarkan kami, selalu melindungiku, dan memberiku makanan serta pakaian. Karena semuanya itu, layaklah aku berterimakasih kepada-Mu.
Tolonglah ayah dan ibuku supaya selalu bersikap adil dan bijaksana dalam mendidik dan membesarkanku (serta kakak dan adik-adikku). Berilah kesehatan bagi ayah dan ibuku dan berkatilah pekerjaan mereka. Buatlah agar aku senantiasa patuh kepada mereka.
Ya Bapa, tolonglah keluarga kami, supaya saling membantu bila bekerja, saling menghibur bila susah dan saling menguatkan bila menderita, sehingga kami semua tetap bersatu padu, rukun, dan setia satu sama lain. Akhirnya, ya Yesus yang baik hati, tinggallah beserta kami selalu. Amin.

DOA PADA HARI ULANG TAHUN    (PS 140)
Kalau doa ini diucapkan sendiri oleh yang berulang tahun, kata ganti ‘kami’, ‘dia’, dan ‘nya’ supaya diganti atau disesuaikan.
Allah yang mahakuasa, pencipta umat manusia, pada hari gembira ini kami memuji kebesaran-Mu. Engkau telah menciptakan .... (nama) dengan penuh kasih.
Kami bersyukur kepada-Mu karena misteri kejadiannya; sungguh ajaiblah yang telah Engkau kerjakan. Seperti kelahiran dan hidup Yesus, membawa damai dan sukacita, semoga hidupnya pun membawa damai dan sukacita bagi sesama.
Terima kasih, ya Bapa, atas penyertaan-Mu sepanjang perjalanan hidupnya. Terima kasih pula, Engkau selalu membe-sarkan hatinya di saat ia mengalami duka dan kecemasan. Semoga hari bahagia ini menguatkan imannya akan Dikau.
Kami bersyukur kepada-Mu atas segala anugerah yang ia terima selama tahun yang silam. Kami bersyukur kepada-Mu karena segala simpati, persahabatan dan kasih sayang yang ia rasakan dari orangtua, sanak saudara dan handai taulan. Kami mohon agar hari-hari yang akan ia lalui ini membawa bahagia: semoga ia dapat bekerja lancar, dan usahanya semakin berkem-bang. Tetapi lebih dari itu semua, semoga ia tak pernah terpisah dari-Mu, apa pun juga yang akan terjadi, sebab Engkaulah tum-puan hidupnya; semoga Engkau menyertai dia hari ini, besok, dan sepanjang hayatnya. Amin.

DOA PENYERAHAN (MB 9C, Charles de Foucauld)
Bapa, kuserahkan diri kepada-Mu, berbuatlah sekehendak-Mu atas diriku. Apapun yang kauperbuat atas diriku akan kuterima dengan senang hati. Aku bersedia menanggung segala-galanya, asal kehendak-Mu terlaksana di dalam diriku dan di dalam segala makhluk. Itulah, Tuhan, yang kuharapkan; tiada yang lain.
Kupertaruhkan jiwaku demi nama-Mu, kuserahkan hidupku kepada-Mu dengan segenap hati dan penuh cinta, sebab aku mencintai-Mu. Sebagai tanda bukti cintaku kuserahkan diriku dan kuper-sembahkan hidupku tanpa syarat ke dalam tangan-Mu. Aku percaya kepada-Mu dengan kepercayaan yang tiada batasnya, sebab Engkau adalah Bapaku. Amin.

MOHON PELAJARAN BERHASIL
Guru ilahi yang maha bijaksana, aku mohon kepada-Mu, supaya pelajaranku berhasil, karena pelajaranku merupakan persiapan bagi hidupku di kemudian hari. Aku tidak mohon kepandaian yang cemerlang, tetapi cukuplah kalau Engkau sudi membantu aku, agar aku dapat mengerti semua mata pelajaran, dan dapat mengingat semuanya dengan baik, sehingga pada akhir tahun pelajaran aku bisa naik.
Guru yang maha bijaksana, aku juga mohon khususnya supaya aku memperoleh hasil yang paling baik di dalam mata pelajaran yang paling aku butuhkan di kemudian hari. Dari pihakku, aku akan berusaha sungguh-sungguh untuk mengikuti semua mata pelajaran dengan tekun, juga mata pelajaran yang paling membosankan. Tetapi dalam hal ini aku sungguh hanya bersandar pada bantuan-Mu.
Yesus, aku mohon pelajaranku berhasil demi masa depanku; demi orangtuaku; jangan sampai mereka kecewa; demi kesela-matan jiwaku; dan demi kemuliaan nama-Mu.
Akhirnya, ya Yesus, aku mohon semangat dan gairah belajar yang tinggi, supaya aku selalu belajar dengan rajin dan tekun, tanpa mengabaikan kepentingan-kepentingan luhur yang perlu bagi keselamatan jiwaku di dunia ini dan di akhirat nanti. Amin.

DOA MOHON PANGGILAN
Ya Yesus, gembala ilahi, Engkau sendiri telah memanggil para rasul dan menjadikan mereka nelayan pemukat manusia. Panggillah sekarang juga pemuda-pemudi kami untuk mengi-kuti Dikau dan mengabdi kepada-Mu.
Semoga sekalian orang yang telah Kau panggil mengenal kehendak-Mu ini, dan menjadikannya kehendak mereka sendiri.
Bukalah pandangan mereka terhadap seluruh dunia, bukalah telinga mereka terhadap begitu banyak permintaan mendesak mohon terang kebenaran dan kehangatan cinta sejati. Hendaklah mereka, dalam kesetiaannya akan panggilannya, bekerjasama membangun tubuh mistik-Mu dan dengan demikian meneruskan perutusanmu. Jadikanlah mereka garam dan terang dunia.
Berilah, ya Tuhan, agar banyak pula pemuda-pemudi kami mengikuti panggilan cinta-Mu. Bangkitkanlah di dalam hati mereka keinginan, untuk hidup semata-mata menurut semangat Injil dan menyerahkan diri bagi pengabdian kepada Gereja.
Berikanlah mereka kerelaan hati yang besar terhadap semua orang yang memerlukan pertolongan dan pengalaman cinta-kasih mereka. Amin.

DOA UNTUK PAROKI                      (MB 25D)
Ya Bapa di surga, Engkau senang bila umat-Mu hidup rukun bersatu-padu, giat membangun dan takwa kepada-Mu. Maka kami mohon, berilah umat paroki kami Roh Kesatuan, supaya selalu sehati sejiwa dalam karya, dan semoga kehidupan menje-maat di paroki kami sungguh diliputi keakraban persaudaraan.
Curahkanlah ke atas kami Roh kehidupan, supaya dengan semangat membara kami bangkit dari kelesuan, dan giat mema-jukan paroki, meningkatkan kegiatan-kegiatan dan amal bakti kepada-Mu. Demi Kristus Yesus pengantara kami. Amin.

DOA UNTUK PASTOR PAROKI       (MB 25E)
Ya, Yesus, imam agung kami, kami bersyukur atas pastor paroki yang selalu memperhatikan kami, selalu mendorong dan menyemangati kami. Berilah pastor paroki kami kesehatan jasmani dan rohani yang senantiasa baik.
Dampingilah ia supaya dapat memimpin paroki ini dengan sebaik-baiknya. Semoga ia sungguh menjadi gembala-Mu untuk membangkitkan yang lesu, meluruskan yang bengkok, mengem-balikan yang sesat, dan mendamaikan segala silang selisih, supaya paroki kami menjadi paroki yang hidup dan bersatu-padu menurut kehendak-Mu. Sebab Engkaulah Tuhan dan pengantara kami, kini dan sepanjang masa. Amin.

DOA BAGI PARA IMAM (St. Theresia Lisieux)
Ya Yesus, Imam Agung yang kekal, peliharalah para imam-Mu dalam naungan Hati-Mu Yang Mahakudus, di mana tak seorang pun dapat menjamahnya. Peliharalah agar jangan sampai ternoda tangan-tangan mereka yang terurapi, yang setiap hari menyentuh Tubuh-Mu yang Kudus.
Peliharalah agar jangan sampai cemar bibir mereka, yang setiap hari dimerahkan oleh Darah-Mu yang Mahasuci. Peliha-ralah agar hati mereka, yang dimeteraikan dengan tanda agung imamat, murni dan bebas dari segala ikatan duniawi. Kiranya kasih-Mu yang kudus melingkupi mereka dan melindungi mereka dari kekejian dunia.
Berkatilah karya mereka dengan buah-buah melimpah; kiranya jiwa-jiwa yang mereka layani boleh menjadi sukacita dan penghiburan bagi mereka di dunia ini dan menjadi bagi mereka mahkota indah nan abadi di surga. Amin.

DOA PENGUDUSAN PARA IMAM
Didoakan khususnya pada Hari Pengudusan Para Imam (HR Hati Yesus yang Mahakudus)
Tuhan terkasih, Bapa Pengasih, aku berdoa kepada-Mu: Lindungilah para imam Gereja-Mu, sebab mereka itu milik-Mu. Biarlah hidup mereka terbakar luluh di atas altar-Mu yang suci, sebab mereka telah disucikan dan menyucikan diri bagi-Mu saja.
Lindungilah mereka, sebab mereka berada di tengah dunia, meskipun mereka bukan dari dunia ini. Masukkanlah mereka dalam lubuk hati-Mu, bila nikmat duniawi menggoda dan memikat mereka. Lindungilah dan hiburlah mereka dalam saat-saat sepi, susah derita, dan bila pengorbanan hidupnya tampak sia-sia. Ingatlah ya Tuhan, tak seorang pun kecuali Engkau yang menjadi pemiliknya yang sah. Dan walau mereka Kauberi panggilan ilahi, tetapi tetaplah mereka memiliki hati insani, dengan segala kerapuhannya.
Maka, Bapa terkasih, lindungilah mereka bagaikan biji mata-Mu, dan peliharalah mereka bagaikan hosti tanpa noda. Semoga setiap hari, pikiran dan perbuatannya aman terjaga dan menjadi teladan indah bagi seluruh umat-Mu.
Tuhan terkasih, sudilah memberkati mereka senantiasa. Terpujilah Engkau yang telah memanggil dan mengutus mereka, terpujilah Engkau yang tetap mendampingi dan memampukan mereka.
Ya Hati Kudus Imam Agung Yesus,                kasihanilah mereka.
Ya Hati Tersuci Maria, Ratu para Imam,         doakanlah mereka.
Santo Yohanes Maria Vianney,                       doakanlah mereka.
Bapa kami… Salam Maria… Kemuliaan…

DOA DALAM DERITA                      (MB 21E)
Bapa yang maha penyayang dan mahatahu, aku percaya bahwa Bapa mengetahui apa yang sedang kuderita, dan apa yang aku rasakan. Aku percaya pula bahwa Bapa mempunyai rencana dengan segala derita dan kegelapanku.
Tabahkanlah hatiku untuk menghadapi segala kesusahan, dan berilah kami terang-Mu, sehingga kami dapat mengerti dan menerima kesusahan kami seperti yang Bapa kehendaki. Amin.

DOA BAGI ORANG SAKIT               (MB 23B)
Sembah dan bakti kami kepada-Mu, ya Tuhan Allah yang setia selama-lamanya. Kini kami hadir di hadapan-Mu hendak memohon belaskasih-Mu untuk saudara kami …..… yang menderita sakit beberapa hari ini.
Kami  tak berkuasa sedikit pun untuk meraba rencana-Mu. Namun kami percaya bahwa Engkau selalu ingin agar manusia selamat, sebagaimana tampak dalam diri Yesus Kristus, Tuhan kami, yang selalu merasa iba akan penderitaan manusia dan menyembuhkannya.
Ke dalam tangan-Mu kami percayakan kondisi saudara kami dengan tulus dan pasrah. Berilah yang terbaik untuk sudara kami ini. Dengan perantaraan Kristus Tuhan kami. Amin.

DOA MEMOHON KEMATIAN YANG MEMBAHA-GIAKAN
Tuhan Yesus, Penyelamatku, Engkau memilih untuk mati di kayu salib untuk menghapus dosa umat manusia. Aku menerima dengan tenang dari tangan Tuhan, apapun cara kematian yang diizinkan Allah agar terjadi padaku, termasuk segala kesakitannya, kesedihan dan penderitaan yang menghantarku ke sana. Semoga aku, melalui rahmat-Mu, dapat kembali kepada-Mu dengan pertobatan yang sempurna, sekarang ini, dan di saat ajalku.
Bunda Maria yang terberkati, Aku memohon agar engkau mendoakan aku sekarang dan pada saat aku mati. Semoga oleh doamu, Tuhan berkenan memberikan rahmat-Nya kepadaku agar aku dapat mempersiapkan kematianku setiap hari.
St. Yusuf, Santo pelindung dalam hal kematian yang membahagiakan, Engkau diberkati dengan kematian yang memba-hagiakan di dalam pelukan Yesus dan Bunda Maria. Doakanlah aku agar akupun dapat memperoleh rahmat Tuhan, supaya akupun dapat mati dalam pelukan Yesus dan Bunda Maria.
Ya Tuhan, kumohon agar Engkau mendukungku dan semua orang beriman, sepanjang hari sampai pada akhirnya, ketika senja datang, dan kesibukan dunia terhenti dan kehidupan yang hiruk pikuk ini berlalu, dan pekerjaan kami telah selesai. Dan dalam belas kasihan-Mu, kumohon Engkau memberikan tempat kediaman yang aman dan istirahat yang kekal dan kudus dan kedamaian abadi pada akhirnya. Amin.

DOA UNTUK ANGGOTA KELUARGA YANG SUDAH MENINGGAL          (PS 169)
Allah, pangkal kehidupan semua insan, Engkau telah memanggil …... dari tengah-tengah kami untuk kembali ke hadirat-Mu. Dia sekarang berada di pangkuan-Mu. Tetapi kami tetap merasa bersatu dengan dia. Sebab kami semua adalah putra-Mu, kami sama-sama anggota Tubuh Kristus yang satu, warga persekutuan kaum beriman dahulu, kini, dan yang akan datang.
Kami yakin bahwa hidupnya hanyalah diubah, bukannya dilenyapkan; dan bahwa suatu kediaman abadi kini tersedia baginya di surga: Didasari oleh keyakinan ini, semoga dalam menghadapi maut yang tak terelakkan kami tidak lagi merasa takut, karena sungguh-sungguh didukung oleh harapan akan hidup abadi yang Kau janjikan kepada kami.
Bapa, ampunilah segala dosanya, dan terimalah dia dalam pangkuan kasih-Mu. Ia telah mati seperti Kristus; maka perkenankanlah ia pun bangkit seperti Kristus.
Kami berdoa pula bagi semua orang yang telah Kau panggil mendahului kami. Karena belas kasih dan kerahiman-Mu, semoga mereka memperoleh kebahagiaan bersama para kudus-Mu.
Ya Bapa, semua harapan ini kami haturkan kepada-Mu dengan pengantaraan Yesus Kristus, dalam persekutuan Roh Kudus, kini dan sepanjang masa. Amin.

DOA BAGI JIWA- JIWA DI API PENYUCIAN
Tuhan Yesus,  oleh karena dukacita yang Kau-alami dalam sengsara-Mu di Taman Getsemani, di dalam penganiayaan-Mu dan pemahkotaan-Mu dengan duri, di jalan ke Kalvari, di penyaliban-Mu dan kematian-Mu, berbelas-kasihanlah kepada jiwa-jiwa di Api Penyucian, dan terutama kepada mereka yang paling ter-abaikan; mohon bebaskanlah mereka dari penderitaan yang mereka tanggung; panggillah mereka dan terimalah mereka kepada rangkulan-Mu yang termanis di surga.
Bapa Kami ….
Salam Maria …. 3 x
Berikanlah istirahat kekal kepada mereka, O Tuhan, dan biarkanlah terang yang abadi bersinar atas mereka. Semoga jiwa-jiwa orang beriman, melalui belas kasihan Tuhan, beristirahat dalam damai. Amin.

JADIKANLAH AKU PEMBAWA DAMAI (St. Fransiskus Asisi)
P     Tuhan, Jadikanlah aku pembawa damai.
       Bila terjadi kebencian,       
U     Jadikanlah aku pembawa cintakasih.
P     Bila terjadi penghinaan,
U     Jadikanlah aku pembawa pengampunan.
P     Bila terjadi perselisihan,
U     Jadikanlah aku pembawa kerukunan.
P     Bila terjadi kebimbangan,
U     Jadikanlah aku pembawa kepastian.
P     Bila terjadi kesesatan,
U     Jadikanlah aku pembawa kebenaran.
P     Bila terjadi kecemasan,
U     Jadikanlah aku pembawa harapan.
P     Bila terjadi kesedihan,
U     Jadikanlah aku sumber kegembiraan.
P     Bila terjadi kegelapan,
U     Jadikanlah aku pembawa terang.
P     Tuhan, semoga aku lebih ingin menghibur daripada dihibur, memahami daripada dipahami, mencintai daripada dicintai.
U     Sebab dengan memberi aku menerima, dengan mengampuni aku diampuni, dengan mati suci aku bangkit lagi untuk hidup selama-lamanya. Amin.



----- masroms ---

-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.